Rabu, 23 November 2016

Penyebab Jerawat Sangat Penting Untuk Kita Ketahui

Penyebab jerawat adalah genetik atau keturunan. Banyak disampaikan bahwa penyebab utama jerawat adalah beberapa faktor yang saling terkait, dimana salah satu faktor utama disitu adalah peningkatan jumlah hormon. Hormon ini jumlahnya akan meningkat pesat pada masa puber baik pada anak laki-laki maupun perempuan. Dengan adanya kondisi ini maka yang kemudian terjadi adalah kelenjar keringat akan membesar dan akan memproduksi keringat dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Penyebab Jerawat Sangat Penting Untuk Kita Ketahui
Lokaasi Timbulnya Jerawat

Penyebab Jerawat


Faktor lain yang dikaitkan dengan penyebab jerawat adalah genetik atau keturunan. Banyak peneliti yang meyakini bahwa ada kecenderungan seseorang mengidap masalah jerawat ini karena mewarisi hal ini dari orang tuanya. Banyak pro dan kontra atas hal ini, tetapi yang menarik adalah adanya data pendukung hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa sebagian besar anak laki-laki yang mengalami jerawat pada usia sekolah mempunyai orang tua yang mengalami hal yang sama atau riwayat yang sama.

Faktor yang dianggap sering memperburuk kondisi jerawat, yang merupakan faktor ketiga dalam tulisan kali ini adalah meningkatnya hormon pada perempuan, khususnya pada saat menjelang periode menstruasi. Naiknya hormon ini pada anak perempuan dan juga wanita dewasa pada beberapa kasus akan menimbulkan rasa panas pada jerawat selama kurang lebih 3 sampai dengan 6 hari sebelum masa mensstruasi. 

Jerawat juga bisa timbul karena adanya perubahan yang terjadi pada hormon saat memasuki masa kehamilan, atau pada saat mulai mengkonsumsi obat anti hamil dan saat-saat awal kita berhenti mengkonsumsinya. Peningkatan hormon selain pada kondisi tersebut juga bisa terjadi pada saat beban pikiran kita terlalu banyak dan berujung pada stress. Kondisi stress yang berlarut-larut akan memperparah masalah jerawat ini. Selain itu ada juga beberapa obat kimia yang diyakini sangat berpotensi menjadi penyebab jerawat ini. Diantaranya adalah androgen, lithium dan golongan obat tidur lainnya.

Penyebab Jerawat Dari Luar


Kosmetik dengan kandungan minyak berlebih juga dikatakan sangat mungkin mempengaruhi sel pada folikel dan membuat saling menempel. Kemudian terjadinya pergesekan pada kulit yang terjadi karena himpitan helm motor, membawa tas ransel dipundak, atau pakaian yang ketat dan lembab termasuk yang banyak disebut-sebut sebagai penyebab jerawat.

Lingkungan juga tak kalah peranannya dalam memperparah masalah jerawat ini, tingkat polusi yang tinggi serta kelembagaan yang berlebih sangat berpengaruh pada jerawat. Dan yang paling sering disampaikan oleh dokter kulit dan juga banyak dituliskan dalam kemasan obat jerawat adalah “Jangan memencet jerawat”, “Jangan menyentuh jerawat dengan tangan kotor”, dll adalah penyebab jerawat meradang dan susah sembuh.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang apa penyebab jerawat yang penting untuk kita ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

0 komentar

Posting Komentar